PENGENALAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI
Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh orang tua anak usia dini adalah menyiapkan anak kita agar dapat hidup di masa depan dengan lebih baik. Diperkirakan pada masa depan nanti penggunaan teknologi akan semakin mendominasi kehidupan kita. Untuk itu semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak-anak kita. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa.

Dengan berkembangnya zaman yang sangat pesat ini sangatlah penting untuk mengenal pembelajaran computer pada anak usia dini. Hal ini demi menunjang pendidikannya yang lebih baik di masa mendatang. Saat ini pun pendidikan sudah banyak memperkenalkan pada dunia teknologi. Komputer sudah bukan menjadi hal yang tabu bagi anak-anak zaman sekarang. Mereka bahkan lebihcepat mengenal dunia komputer dan teknologi, dibandingkan orang dewasa.

Komputer kini tengah menjadi salah satu media pembelajaran untuk anak usia dini. Dengan pembelajaran  komputer di Taman Kanak-kanak, anak dapat belajar mengenai huruf, angka, warna, bentuk geometri dan sebagainya. Pembelajaran melalui komputer yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi kecerdasan mereka, misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.

Pembelajaran komputer Bagi anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangan stimun atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan Komputer. Mengatasi keterbataasan ruang, waktu dan daya indera.

Pembelajaran melalui komputer bagi anak dapat menstimulasi koordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan dengan belajar menggunakan mouse. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga membantu perkembangan motorik halus
Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi  ecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial.Kecanduan bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua tidak membuat aturan terlebih dahulu. Orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain. Misal, memberikan waktu bermain pada hari libur.
Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak adalah:
Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik. Menstimulus kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer walau sederhana akan terasa menanatang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisis pilihan dan memilijh solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.
Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil resiko, memiliki sifat yang lebih independen dan lebih percaya diri.
Selain manfaat positif, tentu saja ada risiko dampak negatif komputer pada anak. Bisa jadi ia lebih senang duduk di depan komputer seharian daripada melakukan hal-hal lain. Di sinilah peran Anda untuk menyeimbangkannya dengan kegiatan lain. Jadi, anak tetap terasah kemampuannya di bidang lain, seperti keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi.